NCC-CFW : Egg Custard

Ehaaaaiiii….yuhuuuuu…. Seneeeeng banget dapet badge keren dari NCC 😀 tak terkira rasanya. Begitu dapet langsung pamer di blog aaaah….. Tuing tuing *nunjuk ke arah sebelah kanan blog ini di deretan paling bawah*

Menu yang aku pilih adalah EGG CUSTARD atau dikenal sebagai EGG TART atau CUSTARD TART.

Namun sebelum posting resepnya aku mau cerita dulu soal sejarahnya si Egg Custard ini (yang konon dipercaya asalnya justru dari Portugis)

Pada hasil penelitian via Wikipedia, EGG TART diperkenalkan pertama kali di Hong Kong pada tahun 1940an oleh seorang bernama Cha Chaan Tengs. Yang mana tidak lama kemudian banyak disajikan di restoran western untuk menyaingi ketenaran Dim Sum…. Maaf, karena takut kepanjangan, aku lanjutkan langsung ke webnya aja yaah? Berikut link-nya http://en.m.wikipedia.org/wiki/Egg_tart

Kembali ke RESEP hehehe, aku lampirkan copy resep yang aku ambil dari http://www.1chinesefoodrecipes.com

Egg Custards
Modifikasi oleh Ayu Purwana

3 cup Tepung terigu
1 sdt Garam
1 cup lard (aku pakai shortening+blueband)
4-6 sdm Air Panas
3 butir Telur
1/3 cup Gula Pasir
1/2 cup Susu Cair (aku pakai krim kental
Untuk menghilangkan amis, aku tambahkan 2 sdm Rhum Bakar

Campur jadi satu tepung dan separuh takaran garam dan masukkan shortening/mentega putih (aduk pakai tangan/pastry blender sampai berbentuk remah2

Masukkan air panas secukupnya sampai adonan berubah menjadi lebih lembut dan mudah digilas.

Cetak dengan cookie cutter lebar 12cm dengan ketebalan 2cm. Masukan hasil cetakan ke dalam loyang muffin yang sudah diolesi margarine.

Kocok telur dengan mixer sampai tercampur rata, masukkan gula pasir dan sisa takaran garam. Setelah rata, campurkan susu cair

Isi adonan telur diatas cetakan kulit pastry dan panggang dengan suhu 180C selama kurleb 30 menit.Langsung pindahkan egg tart dari loyang muffin ke atas wire rack.

Semoga gampang yaah resepnya 😉


One thought on “NCC-CFW : Egg Custard

  1. My brother recommended I might like this blog. He was totally right.
    This post truly made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!

Leave a Reply

